Beberapa poin yang selalu gue usahakan untuk dijaga ketika meng-cover karya orang lain.

1. Harus setuju/percaya sama lagunya.

Kalo personally menurut kita bunuh diri gara2 putus cinta adalah hal yang kampungan, maka jangan nyanyiin lagu tentang bunuh diri gara2 putus cinta. Singing is about expressing your true feelings, it’ll show on your body language and presence (bahasa tubuh), hubungannya dengan poin kedua dibawah..

2. Sing it song to someone.

Ketika saya mengcover lagu daerah ‘Buka Pintu’, saya membayangkan orang yang sedang saya sayangi ngambek gara2 kesalahan bodoh saya, dan saya harus membujuknya setengah mati supaya dia mau membukakan pintu dan memaafkan saya. Find a reason for you to sing the song, (and in your head) sing it to someone. Mungkin ini yang bisa dikategorikan sebagai penjiwaan lagu. Sering saya melihat orang2 mengcover lagu orang di Youtube, tetapi mata mereka kosong menerawang, their eyes are not with the song. Sing the song to someone.

(Sedikit cerita tambahan ttg poin ini, but you can skip to point 3 if you want).

Beberapa hari lalu saya melihat tayangan American Idol, lebih seru sekarang karena my uncle Steven Tyler is one of the judges now, hahaha. Well, anyway, salah seorang partisipan cowok bernama Chris Medina, masuk ruang audisi. Ceritanya, Chris is engaged to his girlfriend to be married, tapi bbrp saat sebelum pernikahan, si cewek kecelakaan mobil, gak, dia gak meninggal, cuman jadi cacat dan harus duduk di kursi roda, dan terlihat seperti orang yang terkena Parkinson desease; susah bicara, susah mengkoordinasi anggota badannya. Back to the audition, setelah Chris ini menceritakan keadaan pacarnya tersebut ke Steven Tyler, J-Lo dan Randy, dia mulai bernyanyi, ia menyanyikan lagunya The Script yg Break Even. Chris sang beautifully, and got three yes-es (he’s going to Hollywood). Setelah audisinya selesai, Chris membawa ceweknya (di kursi roda) menemui para juri, semua juri lalu menghampiri si cewek. Steven Tyler lalu memeluk si cewek, dan berkata,”Your fiance sings so good,…he sings so good because he’s singing to you..”

So…sing the song to someone.

3. Make the song new. (Tidak berlaku untuk cover bands).

The song that we’re covering is already belong to someone (the original artist). I don’t see the point singing the song exactly like it is, we will only end up standing behind the original singer, the spotlight will still be on the original singer, unless you can sing it better than the original singer. Make the song your own (version), make your own spotlight. Untuk poin ini kita memang harus mampu dulu menemukan style bernyanyi kita, our own colour. In my case, i will turn every songs into acoustic-galau version, hahaha.

Salah satu lagu yang menurut gue sudah ‘terlalu lelah’ di-cover orang adalah ‘One Last Cry’-nya Brian McKnight, everybody’s trying to sing like the original singer, akhirnya semua terdengar flat dan tidak baru. So please, make the song new.

Hope that helps🙂