21 Desember 2015.

Saat ini kita masih tek-tokan hasil mixing dengan Mas Indra Q, rencananya semua lagu akan selesai mixing akhir bulan ini, mudah-mudahan bisa lanjut proses mastering.

Mengingat proses yang sedang berjalan, album baru akan kita rilis awal tahun 2016, yang mana tinggal sebentar lagi.

Juga setelah diskusi dengan label dan management, kalaupun materi sudah siap akhir taun ini akan lebih baik jika tetap dirilis di awal 2016, mengingat banyaknya kawan-kawan musisi yang juga banyak merilis album di akhir 2015 (traffic), plus di awal 2016 we can start fresh.

Why is it taking so long than the usual?

1. Proses rekaman proper, no bedroom recording this time.

Ini pertama kalinya (setelah 3 album) saya rekaman dengan proper. Saya tidak lagi merekam semua materi di kamar secara sendirian, kita rekaman di studio DSS bulan Agustus lalu dengan alat-alat dan engineer proper. Saya tidak lagi ber-one-man-show, ada musisi-musisi yang ikut mengisi album ini : Jonathan Palempung (keys), Kristian Dharma (bass) dan Jessi Mates (drums), so di album ini kita jalan full band, instead of sounding like me playing alone in my bedroom.

2. Hal-hal di luar kontrol.

Dengan proses rekaman yang proper ini, banyak hal-hal yang saya tidak bisa kontrol sepenuhnya dibandingkan ketika semuanya saya kerjakan sendiri; saya tidak bisa kontrol jadwal studio rekaman karena tentunya tidak saya sendiri yang sewa, saya tidak bisa kontrol jadwal engineer karena ada kalanya mereka juga terlibat di projek lain, saya tidak bisa memburu-buru proses mixing karena dalam pengerjaannya sang engineer butuh ruang buat dia bekerja, demikian pula dengan session players, dsb dst.

Hal-hal lain di antaranya adalah workshop lagu yang harus kita lakukan sebelum rekaman, pemilihan studio dan engineer, waktu shift rekaman yang terbatas, proses editing setelah rekaman, pemilihan mixing engineer, dsb.

Yang jelas proses rekaman kali ini benar-benar jadi pembelajaran berharga buat saya yang sebelumnya selalu mengerjakan semua sendiri, truly an eye-opener and humbling experience. I’m dying to release the new album and have you guys listen to the new songs.

Soon, patience.

Terima kasih semua!

adhit

 

Advertisements